Jumat, 11 Juni 2010

Bagaimana anda mengatur waktu


Banyak profesional yang merasa kurang waktu untuk menyelesaikan semua tugasnya. Karena memang waktu merupakan hal yang sangat berharga bagi siapapun. Waktu merupakan komoditas yang paling bernilai. Karena waktu adalah suatu jenis sumber daya yang tidak bisa diperbarui. Kegiatan apapun yang akan anda lakukan pasti membutuhkan waktu dan jumlah waktu yang terbatas hanya 24 jam dalam sehari. Hal ini sudah pasti harus dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin agar semua tugas bisa diselesaikan dengan baik. Simak beberapa hal dibawah ini agar anda bisa membuat manajemen waktu dengan baik.

Agendakan jam tenang. Dimana anda harus berkonsentrasi penuh pada pekerjaan. Hindari segala sesuatu yang bisa mengganggu konsentrasi seperti main FB, membaca email, dering telephone dan sebagainya agar jam tenang anda lebih maksimal.

Tentukan prioritas mana yang harus diselesaikan lebih dahulu. Karena setiap orang pasti memiliki keterbatasan dalam menyelesaikan semua tugas yang dibebankan pada anda. Jadi tentukan prioritas pekerjaan yang paling penting yang harus segera diselesaikan dan akan memberikan dampak paling besar bagi pencapaian sasaran pribadi ataupun sasaran organisasi anda. Dengan begitu, gunakan secara optimal jam tenang tersebut untuk mengerjakan tugas prioritas anda. Agar dapat melakukan prioritas dengan tepat, tetapkan tujuan utama harian setiap pagi sebelum mulai berangkat kerja. Lalu tentukan kapan akan mengerjakannya beserta batas waktu untuk menyelesaikannya.

Evaluasi waktu secara berkala. Gunakan agenda untuk mencatat waktu-waktu yang anda habiskan setiap hari, minggu, bulan dan tahun. Catat kegiatan sehari-hari anda, berikut waktu yang dihabiskan untuk melakukannya. Lalu lakukan evaluasi setiap satu minggu sekali untuk mempelajari waktu yang telah anda habiskan selama seminggu. Dengan begitu anda dapat mengetahui hal apa saja yang membuat waktu anda efektif dan tidak efektif.

Kenali pemborosan waktu anda. Setelah melakukan evaluasi, tandai hal-hal yang memboroskan waktu anda. Seperti terlalu banyak main FB, chatting di internet, berbicara di telephone, makan siang terlalu lama, sering menunda pekerjaan, melakukan pertemuan yang tidak perlu, datang terlambat atau pulang lebih cepat dan sebagainya. Jika anda sudah mengetahui hal-hal yang memboroskan waktu anda maka hilangkan kebiasaan tersebut. Tetapi jika hal tersebut sulit anda hilangkan, lakukan secara bertahap. Lalu buatlah suatu rencana tindakan untuk meminimalkan pengaruhnya.

Membuat suatu manajemen waktu untuk diri sendiri memang tidaklah mudah, tapi jika ada keyakinan dan niat maka segalanya akan mudah. Dengan manajemen waktu maka akan tercipta keterikatan anda untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Yang perlu diingat, manajemen waktu sepenuhnya berada dalam kendali dan tanggung jawab anda. Seseorang bisa meraih kesuksesan dengan menguasai manajemen waktu yang baik. Semoga berhasil.


0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More